Popular Post

Posted by : Unknown Tuesday, January 14, 2014


        Jujur adalah sikap yang sangat dituntut kehadirannya dalam kehidupan kita, baik dalam ucapan atau perbuatan. Sedangkan, murah hati adalah sikap saling berbagi, tidak pelit, dan saling peduli antar sesama dan membantu untuk mengurangi beban orang yang sedang kesusahan. Jujur dan murah hati adalah sikap yang saling berkesinambungan dan menjadi dasar dalam melakukan perbuatan baik.

            Jujur itu mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Daripada kita berkata bohong, lebih baik kita diam. Pembiasaan sikap jujur perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Memerikan pujian juga dapat dijadikan motivasi untuk senantiasa bersikap jujur, terutama jujur kepada diri sendiri.

            Bohong putih adalah sebuah tindakan menyatakan, mengabarkan, mengatakan, suatu pernyataan yang berbeda dengan keadaan sebenarnya untuk sebuah tujuan baik. Karena, jujur itu spontan dan bohong itu telah disiapkan. Seseorang melakukan kebohongan pasti ada sebuah alasan yang logis. Jadi, bohong itu sesuatu yang sangat erat. Kadang dimaklumi, kadang juga dikecam. Tergantung dengan konteksnya.

            Walaupun sikap jujur dan murah hati itu sulit untuk dilakukan, tetapi sikap itu harus selalu diusahakan dan selalu diniatkan dalam hati. Senyum, mendengarkan, dan menghargai orang lain adalah sikap murah hati yang paling sederhana untuk diterapkan kedalam kehidupan.

            Kisah-kisah inspiratif dapat dijadikan contoh untuk melakukan sikap jujur dan murah hati. Sikap jujur dan murah hati harus diajarkan sejak dini kepada siapapun dan dimanapun.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Second World - Life Is Simple - Powered by Blogger - Designed by Mdanan13 -